Makalah Evolusi dan Kinerja Komputer

5 Rekomendasi PC All In One Terbaik 2018, Pilih yang Mana Nih?

DAFTAR ISI

                                                                                   

KATA PENGANTAR.............................................................................................. i

DAFTAR ISI............................................................................................................ ii

BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1  

       1.1 Latar Belakang.............................................................................................. 1

       1.2 Rumusan Masalah.......................................................................................... 1

       1.3 Tujuan Penulisan............................................................................................ 1

BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 2

       2.1 Generasi/Evolusi Pekembangan Komputer................................................... 2

       2.2 Tren teknologi yang membuat unjuk kerja yang menjadi fokus rancangan sistem komputer            5

       2.3Meninjau bermacam – macam Teknik dan strategi yang digunakan untuk mencapai unjuk kerja yang seimbang dan efisien.................................................................................................. 7

       2.4 4Perkembangan Pentium dan PowerPC...................................................... 11                                

BAB III PENUTUP............................................................................................... 15

       3.1 Simpulan...................................................................................................... 15

       3.2 Saran............................................................................................................ 15

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 16


      



 


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknlogi komputer. Dapat dillihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen di perkantoran orang cendrung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah diganikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (super market) sudah menggunakan peralatan otomatis  berupa komputer yang didisain kusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dengan bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer dibidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuhannya. Tak seperti waktu dulu, Komputer sangatlah berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas khususnya komputer yang berperan di bidang pendidikan. Dalam  dunia pendidikan, komputer kini memiliki peranan tersendiri yang salah satunya seperti perubahan pelaksanaan UNBK yang dulunya dilakukan dengan menggunakan media kertas.

1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam makalah ini diantaranya:

1.      Bagaimana sejarah dari teknologi komputer?

2.      Bagaimana tren teknologi yang membuat unjuk kerja yang menjadi fokus rancangan sistem komputer?

3.      Bagaimana meninjau bermacam-macam teknik dan strategi yang digunakan untuk mencapai unjuk kerja yang seimbang dan efisien?

4.      Bagaimana perkembangan pentium dan powerPC?

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan makalah ini diantaranya:

1.      Mengetahui sejarah dari teknologi komputer.

2.      Mengetahui tren teknologi yang membuat unjuk kerja yang menjadi fokus rancangan sistem komputer.

3.      Mengetahui bagaimana meninjau bermacam-macam teknik dan strategi yang digunakan untuk mencapai unjuk kerja yang seimbang dan efisien.

4.      Mengetahui perkembangan pentium dan powerPC.

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1     Generasi/Evolusi Pengembangan Komputer

Menurut Mahoney (2011). Generasi komputer dibagi menjadi 5 bagian,yaitu: 

2.1.1  Generasi Pertama (1940 – 1956): Vacuum Tube

Gambar 2.1 Bentuk tabung vakum

(Sumber: https://datastoff.files.wordpress.com/2015/08/eniac-1_600.jpg?w=640)

Selama periode ini, generasi pertama dari komputer mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memori. Tabung vakum digunakan untuk memeperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan elektron di ruang evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk dioperasikan dan berbiaya sangat mahal. UNIVAC dan ENIAC adalah contoh komputer generasi pertama yang digunakan badan sensus Amerika Serikat.

                                          

2.1.2        Generasi Kedua (1956 – 1963): Transistor

Gambar 2.2 Bentuk Transistor

(Sumber: https://www.semanticscholar.org/paper/The-Legendary-IBM-1401-Data-Processing-System-Garner-Dill/ca22ce9329c884e6064024cb025e8717bc50b7ff)

Teknologi tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di akhir 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, komputer menjadi lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, bahasa pemograman mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik. IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh dari generasi kedua komputer.

 

2.1.3        Generasi Ketiga (1964 – 1971): Integrated Circuit

 

Gambar 2.3 Bentuk komputer generasi ke-3

(Sumber:https://s3.amazonaws.com/s3.timetoast.com/public/uploads/photos/12284612/ibm_360.jpg)

Pengembangan sirkuit terpadu adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Bentuk transistor semakin diperkecil dan ditempatkan di chip silikon, yang dinamakan semikonduktor. Teknologi ini semakin mempercepat kinerja komputer. Selama periode ini, mouse dan keyboard mulai diperkenalkan, generasi ketiga juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi. PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370 adalah contoh dari komputer generasi ketiga.

 

2.1.4        Generasi Keempat (1971 – sekarang): Microprocessor

 

Gambar 2.4 Bentuk komputer generasi ke-4

(Sumber: https://images-cdn.9gag.com/photo/a9RdMwZ_460s.jpg)

Di periode ini prosesor mikro mulai diperkenalkan, saat ribuan sirkuit terpadu dimasukan ke dalam sebuah silikon chip yang kecil. Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai menjadi otak utama di sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer (pc) mulai digunakan. Dengan teknologi yang lebih maju, generasi keempat menjadi tonggak awal pembangunan internet. IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 and APPLE II adalah contoh komputer generasi keempat.

 

2.1.5        Generasi Kelima (Sekarang – masa depan): Artificial Intelligence

 

Gambar 2.5 Komputer masa depan

(Sumber:https://titistipoltektegal.files.wordpress.com/2018/10/komputer-5.jpg?w=400&h=200&crop=1)

Komputer generasi kelima dibangun berdasarkan teknologi kecerdasan buatan, dan masih dalam tahap pengembangan. Contoh teknologi yang sudah sering digunakan adalah teknologi pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor menjadi dasar dari kecerdasan buatan. Tujuan dari komputasi generasi terbaru adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon bahasa manusia.

 

2.2              Tren teknologi yang membuat unjuk kerja yang menjadi fokus rancangan sistem komputer.

Adapun rancangan pada sistem komputer,antaralain:         

2.2.1 Cara Kerja CPU

            Pada saat suatu program akan dieksekusi atau  diproses, maka isi dari sebuah program tersebut yang berada di dalam harddisk akan di diambil dan di masukkan ke RAM.

Control Unit membedakan instruksi dan data, instruksi ditempatkan ke Program-Penyimpanan sedangkan data ditempatkan di Working-Storage. Selanjutnya instruksi dan data itu di ambil oleh Control Unit di simpan di Register.

Bila instruksi merupakan perhitungan logika atau aritmatika, maka ia dibawa ke ALU untuk diproses. Hasilnya akan ditampung di Accumulator. Dan Control Unit akan mengambilnya dan membawanya kembali ke RAM yang kemudian di tampilkan hasilnya ke alat output, seperti Monitor.

 

2.2.2 Proses Memory Utama

        Device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital.

Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).

 

2.2.3 Memory Sekunder

            Penyimpanan sekunder ( secondary storage) adalah sarana penyimpanan yang berada satu tingkat di bawah memori utama sebuah komputer dalam hirarki memori. Tidak seperti memori utama komputer, penyimpanan sekunder tidak memiliki hubungan langsung dengan prosesor melalui bus, sehingga harus melewati M/K.

Data yang disimpan dalam memori utama (RAM) bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. Oleh karena itu, untuk menyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan penyimpanan sekunder yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data, sebagai back-up dari memori utama. Contoh dari penyimpanan sekunder adalah hard-disk, disket, flasdisk, CD dll. Sistem operasi bertanggung-jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan manajemen disk seperti:

a. free space management.

b. alokasi penyimpanan.

c. penjadwalan disk

2.3              Meninjau bermacam – macam Teknik dan strategi yang digunakan untuk mencapai unjuk kerja yang seimbang dan efisien

Adapun Teknik dan strategi yang digunakan untuk mencapai unjuk kerja yang seimbang dan efisien, antaralain:

1. Membuat daftar yang harus dilakukan “To Do List”

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam bekerja  yang pertama adalah dengan membuat daftar yang harus dilakukan atau to do list. Dengan daftar ini maka Anda bisa memperkirakan dan menata jadwal dengan baik.

Dalam setiap hari Anda pasti akan memiliki tugas yang harus Anda lakukan, Anda bisa merancang jadwal setiap hari Anda dengan daftar tugas harian Anda.

Dengan begitu Anda sudah memiliki jadwal tentang apa saja yang harus Anda lakukan dalam satu hari. Lakukan juga pada hari-hari berikutnya untuk memanajemen waktu Anda dengan baik.

2. Membuat jadwal sesuai prioritas                        

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam bekerja yang berikutnya adalah dengan belajar membuat jadwal sesuai prioritas. Misalnya Anda memiliki tugas dengan deadline yang paling dekat, maka prioritaskan tugas tersebut dalam jadwal Anda. Kemudian Anda juga bisa mempertimbangkan skala prioritas yang lain, misalnya tingkat urgensi pekerjaan dan lain sebagainya.

Dengan demikian maka pekerjaan Anda akan selesai sebagaimana jadwal yang Anda buat, tentu saja selesai seperti yang seharusnya. Tidak ada deadline yang terlambat, dan semacamnya.

Dalam membuat jadwal sesuai dengan prioritas memang perlu pemahaman mengenai masing-masing tugas yang harus Anda kerjakan. Oleh sebab itulah prioritas pekerjaan Anda hanya Anda yang mengetahuinya.

3. Tidak menunda pekerjaan

Ini yang sering kali terjadi, menunda pekerjaan yang dianggap ringan dan pada akhirnya menumpuk di belakang. Hal ini justru akan merusak jadwal Anda secara keseluruhan, oleh sebab itulah jangan sekalipun menunda pekerjaan yang sudah seharusnya Anda kerjakan. Pekerjaan yang tertunda akan menghambat semua tugas Anda.

Tentu saja ada pengecualian, pekerjaan yang tertunda tidak menjadi masalah asalkan Anda mempertimbangkan poin sebelumnya, yaitu skala prioritas.

Jika Anda mendapatkan tugas dengan rentan waktu deadline yang lebih dekat dan bisa lebih cepat Anda kerjakan, maka Anda bisa mengerjakan tugas itu terlebih dahulu. Jadi dalam tips manajemen waktu, tidak bisa hanya menggunakan poin per poin saja, Anda harus melakukannya secara keseluruhan.

4. Konsistensi

Setelah Anda memiliki jadwal yang baik dan dirasa sesuai dengan pekerjaan harian Anda, yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah melakukan jadwal tersebut secara konsisten.

Memang kelihatannya mudah, namun berlaku konsisten pada sebuah jadwal bukanlah perkara yang mudah, sekalipun jadwal tersebut Anda sendiri yang membuatnya.

Namun jika Anda benar-benar ingin memanajemen waktu agar lebih produktif dalam bekerja, maka konsistensi melakukan pekerjaan sesuai jadwal adalah hal wajib yang harus Anda lakukan.

Sebenarnya jika hal ini sudah biasa Anda lakukan dan menjadi kebiasaan, konsisten melakukan tugas sesuai jadwal bukanlah perkara yang sulit. Hanya saja mungkin Anda butuh waktu untuk bisa benar-benar sejalan dengan jadwal tersebut.

 

5.    Jangan takut katakan tidak

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam pekerjaan yang berikutnya adalah untuk tidak takut mengatakan tidak. Maksudnya adalah jika dalam hari ini Anda sudah memiliki pekerjaan yang penuh, maka jangan takut untuk menolak pekerjaan yang lain. Kecuali bisa Anda kerjakan di kemudian hari.

Selain itu jangan takut jika untuk menolak ajakan teman Anda yang sekiranya akan mengganggu jadwal pekerjaan Anda. Misalnya di tengah pekerjaan Anda, Anda diajak untuk nongkrong atau semacamnya, jangan takut untuk mengatakan tidak, kecuali Anda ingin merusak jadwal pekerjaan Anda.

Jika hal ini jadi kebiasaan, maka satu hal yang tidak mungkin Anda akan memiliki manajemen waktu yang baik dalam pekerjaan, terlebih lagi untuk lebih produktif.

 

 

6. Kenali waktu Anda di mana Anda lebih produktif

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam pekerjaan yang tidak kalah penting adalah dengan mengenali waktu yang bisa Anda lakukan lebih produktif. Masing-masing orang memiliki waktu produktif masing-masing.

Misalnya Anda lebih produktif jika melakukan pekerjaan di pagi hari, maka maksimalkan waktu tersebut untuk bekerja. Atau jika Anda lebih suka bekerja pada malam hari, Anda juga bisa memfokuskan jadwal Anda untuk menyelesaikan pekerjaan di malam hari.

Mengenali waktu dimana Anda lebih produktif adalah salah satu poin penting, hal ini tidak bisa dipungkiri. Seseorang akan lebih produktif jika dia merasa nyaman melakukan pekerjaan. Hal ini bisa didukung dari waktu yang produktif tersebut.

 

7. Hindari hal-hal yang membuat Anda tidak fokus

Ini yang sering kali terjadi di saat Anda melakukan pekerjaan, rasa tidak fokus pada akhirnya merusak jadwal pekerjaan Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang sekiranya akan membuat Anda menjadi tidak fokus.

Hal-hal tersebut seperti handphone, keramaian atau yang lainnya. Pastikan Anda benar-benar nyaman dan fokus dalam melakukan pekerjaan Anda. Memang fokus tidak bisa dipaksakan, namun fokus bisa diciptakan oleh diri Anda sendiri. Saat Anda fokus dengan pekerjaan Anda, maka waktu Anda akan lebih efektif dan efisien, dan tentu saja Anda akan lebih produktif dalam pekerjaan Anda.

 

8. Sediakan waktu untuk beristirahat

Manajemen waktu yang baik tentu saja tidak melupakan kebutuhan diri Anda sendiri. Jika Anda merasa memiliki manajemen waktu yang baik, seharusnya Anda tidak akan pernah merasa kelelahan, karena Anda memiliki jadwal istirahat yang baik.

Namun jika Anda merasa tidak punya waktu untuk beristirahat, itu artinya jadwal dan manajemen waktu Anda tidak baik dan perlu mendapatkan perbaikan. Perlu Anda ketahui, fokus dan konsistensi akan Anda dapatkan jika tubuh Anda juga dalam keadaan yang baik. Salah satu untuk mewujudkannya adalah dengan menyediakan waktu untuk beristirahat.

 

9. Sediakan waktu untuk hal-hal tidak terduga

Jika Anda ingin memiliki manajemen waktu yang baik dan lebih produktif dalam pekerjaan, ada baiknya jika Anda menyediakan waktu untuk hal-hal tidak terduga. Seperti menyediakan waktu untuk kemungkinan pekerjaan yang tidak bisa terselesaikan dalam waktu yang sudah diperkirakan.

Dengan demikian Anda bisa memiliki tambahan waktu untuk menyelesaikannya tanpa mengganggu jadwal pekerjaan Anda yang lain. Tentu saja hal ini hanya Anda yang bisa memahami dan memperkirakannya. Namun sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan mudah, asalkan Anda memahami seperti apa masing-masing tugas yang harus Anda kerjakan.

 

10. Memulai pekerjaan lebih awal

Tips manajemen waktu agar lebih produktif dalam dunia pekerjaan yang berikutnya adalah dengan memulai pekerjaan lebih awal. Ini juga masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dimana Anda menyediakan waktu tambahan untuk hal-hal yang tidak terduga.

Jika dalam jadwal Anda harus memulai pekerjaan pada pukul 08.00 pagi, maka lakukan setengah jam sebelumnya. Maka ada kemungkinan baik yang akan Anda dapatkan, pertama Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal, kemudian yang kedua jika ada kemungkinan Anda harus lembur karena pekerjaan yang belum selesai, maka Anda sudah mengemat waktu tiga puluh  menit di awal pekerjaan Anda. Pada intinya Anda tidak memiliki kerugian saat melakukan pekerjaan lebih awal.

2.4      Perkembangan Pentium dan PowerPC

2.4.1 Perkembangan Pentium               

a. 1982 : 286 Microprocessor

Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

b. 1985: Intel386™ Microprocessor

Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004.

c. 1989: Intel486™ DX CPU Microprocessor

Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

d. 1993: Intel® Pentium® Processor

Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

e. 1995: Intel® Pentium® Pro Processor

Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.

f. 1997: Intel® Pentium® II Processor

Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

g. 1998: Intel® Pentium II Xeon® Processor            

Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

h. 1999: Intel® Celeron® Processor

            Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

i . 1999: Intel® Pentium® III Processor

            Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasiaplikasi video serta pengenalan suara.

J. 1999: Intel® Pentium® III Xeon® Processor

            Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

k. 2000: Intel® Pentium® 4 Processor

            Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

l. 2003: Intel® Pentium® M Processor

Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

m. 2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz

            Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

n. 2006: Intel Core 2 Quad Q6600         

            Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP ). •

o. 2008: Intel Atom

 Intel Atom adalah prosesor ultra low power baru dari Intel (kode produksi Diamondville). Merupakan prosesor paling hemat energi saat ini untuk PC desktop. Tidak  hanya dari sisi harga yang terjangkau, lebih dari itu sebenarnya Intel telah memulai era hemat energi pada dunia komputer khususnya desktop PC sehingga pengertian low-cost akan mencapai pada biaya pemakaian harian.

p. 2010: CORE I7,I5,I3

Processor Core i7 resmi dipasarkan dengan teknologi terbarunya dari "Nehalem Microarchitecture". Processor ini todak mengadopsi dari jenis processor sebelumnya. Chipset Pada Processor Core i7 menggunakan Chipset MCH yang tertanam langsung pada Processor. Hal ini sangat berbeda dari Processor sebelumnya yang masih menggunakan Chipset (South Bridge / North Bridge) pada Motherboard.  Kemudian disusul dengan I5 dan I3.

2.4.2        PowerPC

a.      Perkembangan PowerPC

PowerPC (kependekan dari Pengoptimalan Dengan Kinerja Enhanced RISC - Performance Computing, kadang-kadang disingkat PPC) adalah arsitektur RISC tahun 1991 yang diciptakan oleh Apple-IBM-Motorola aliansi, yang dikenal sebagai AIM. PowerPC, sebagai set instruksi yang berkembang, sejak tahun 2006 diganti namanya menjadi Power ISA tetapi hidup sebagai warisan merek dagang untuk beberapa implementasi dari Arsitektur berbasis prosesor Power.

                                             

PowerPC sebagian besar didasarkan pada sebelumnya IBM POWER arsitektur, dan mempertahankan tingkat tinggi kompatibilitas dengan itu pada arsitektur-arsitektur tetap cukup dekat sehingga program yang sama dan sistem operasi akan dijalankan pada kedua jika beberapa perawatan diambil dalam persiapan baru chip di POWER melaksanakan serangkaian lengkap set instruksi PowerPC.

 

b.      Kelompok powerPC

1. 601, adalah mesin 32 bit merupakan produksi masal arsitektur PowerPC untuk lebih dikenal masyarakat.

2. 603, merupakan komputer desktop dan komputer portabel.Kelompok ini sama dengan seri 601 namun lebih murah untuk keperluan efisien.

3. 604, seri komputer PowerPC untuk kegunaan komputer lowend server dan komputer desktop.

4. 620, ditujukan untuk penggunaan high-end server. Mesin dengan arsitektur 64 bit.

5. 740/750, seri dengan cache L2.

6. G4, seperti seri 750 tetapi lebih cepat dan menggunakan

 

 


 

BAB III

PENUTUP

3.1 Simpulan

Simpulan dari makalah ini sebagai berikut:

1.      Berapa generasi pengembangan dari komputer, antara lain:

a.       Generasi Pertama (1940 – 1956): Vacuum Tube

b.      Generasi Kedua (1956 – 1963): Transistor

c.       Generasi Ketiga (1964 – 1971): Integrated Circuit

d.      Generasi Keempat (1971 – sekarang): Microprocessor

e.       Generasi Kelima (Sekarang – masa depan): Artificial Intelligence

2.      Rancangan pada sistem komputer,antaralain:

a.       Cara Kerja CPU

b.      Proses Memory Utama

c.       Memory Sekunder

3.      Teknik dan strategi yang digunakan untuk mencapai unjuk kerja yang seimbang dan efisien, salah satu diantaranya adalah :

a.       Membuat daftar yang harus dilakukan

b.      Membuat jadwal sesuai prioritas

c.       Tidak menunda pekerjaan

4.      Perkembangan pada pentium,antara lain:

a.       1993: Intel® Pentium® Processor

b.      1997: Intel® Pentium® II Processor

c.       1999: Intel® Pentium® III Processor

d.      2003: Intel® Pentium® M Processor

5.      Sejarah PowerPC

·         PowerPC (kependekan dari Pengoptimalan Dengan Kinerja Enhanced RISC - Performance Computing, kadang-kadang disingkat PPC) adalah arsitektur RISC tahun 1991 yang diciptakan oleh Apple-IBM-Motorola aliansi, yang dikenal sebagai AIM. PowerPC, sebagai set instruksi yang berkembang, sejak tahun 2006 diganti namanya menjadi Power ISA tetapi hidup sebagai warisan merek dagang untuk beberapa implementasi dari Arsitektur berbasis prosesor Power.

3.2 Saran

Dari penulisan makalah ini penulis sarankan agar menambah hal-hal sebagai berikut:

1.      Makalah selanjutnya dapat membahas tentang dampak positif dan negatif dari komputer.

2.      Makalah selanjutnya dapat membahas tentang fungsi dari Pentium dan PowerPC.

DAFTAR PUSTAKA

Fauzi, Akhmad. 2008. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahoney, Michael.(2011).Sejarah Komputer Dalam Sejarah Teknologi.


Belum ada Komentar untuk "Makalah Evolusi dan Kinerja Komputer"

Posting Komentar

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel