Penjelasan Tentang Berbagai Resolusi Layar (HD Sampai Ultra HD)

Hasil gambar untuk resolusi hd

AldTechnology Satu hal yang paling sering disebut sebut kalau ngobrolin layar adalah resolusi. Tapi apa itu resolusi sebenarnya?
Secara umum, angka resolusi yang lebih besar menandakan tampilan lebih bagus. Hal lain yang perlu diketahui disini adalah ukuran layar (inci), jumlah pixel, dan kepadatan pixel atau Pixels Per Inch (ppi).
Kalau anda tahu ukuran layarnya, anda bisa hitung berapa jumlah pixel yang terdapat di setiap inci persegi nya: pixels per inch (ppi), atau lebih sering disebut sebagai densitas pixel.
Densitas pixel inilah yang sebenarnya menentukan seberapa ‘halusnya’ gambar yang akan tampil di layar. Tapi sebelum bisa kesitu, kita harus paham dulu tentang resolusi dan beragam jenis layar. Secara umum ada 4 jenis resolusi yang ramai di pasaran tv, laptop, maupun smartphone:
  • HD (1280 x 720)
  • FHD / Full HD (1920 x 1080)
  • QHD / Quad HD / 2K (2560 x 1440)
  • UHD / Ultra HD / 4K (3840 x 2160)
Bagi yang belum paham, berikut adalah contoh tampilan 2 x 2 pixel:
2x2 pixel
2 x 2 pixel berarti 2 pixel arah mendatar, dan 2 pixel arah tegak, alias total 4 pixel yang tampil dilayar. Mulai terbayang kan betapa padatnya ribuan pixel ada di layar hp-mu sehingga bisa menghasilkan gambar seperti sebuah foto?

Bahkan sebenarnya sudah ada resolusi 8K, namun belum digunakan secara luas untuk publik. Oleh karena itu kami akan membahas 4 jenis resolusi yang tentunya bisa anda temukan di hampir setiap perangkat : HD, FHD, QHD, dan UHD.
berbagai ukuran layar smartphone
Sebagai contoh, layar 4.3 inci memiliki densitas 342 ppi, sementara di layar 4.7 inci densitasnya akan turun ke 312 ppi, padahal sama sama layar HD.
Menurut Apple, 300 ppi adalah titik enak alias titik kenikmatan untuk mata. Karena di densitas itu mata manusia mulai sulit membedakan pixel secara individual.

2. Resolusi Full HD (1080p)

Full HD adalah kelanjutannya dan sekarang sudah menjadi standar resolusi layar di pasaran. Full HD adalah 1920 x 1080 pixel. Tapi sama saja, densitas pixel akan tergantung pada ukuran layar (inci).
berbagai resolusi standar layar
Hampir semua laptop menggunakan 1080p sebagai resolusi native-nya. Oleh karena itu, 1080p masih menjadi yang terfavorit untuk nonton film, atau main game-game berat papan atas dengan grafik yang super realistis.

3. Resolusi Quad HD (2K)

QHD atau Quad HD memiliki definisi empat kali lipat dibanding HD Standar. Itu berarti anda bisa memasukkan jumlah pixel empat biji layar HD kedalam satu layar QHD dengan ukuran sama.
Resolusi pixel QHD adalah 2560 x 1440.
Definisi seringkali disebut dengan angka terkecil dari suatu resolusi. HD sering disebut 720p, Full HD adalah 1080p. Meskipun begitu, di QHD, sebutan 2K datang dari angka pixel yang lebih besar, yaitu lebih besar dari 2000 pixel.
Hasil gambar untuk resolusi quad hd

4. Resolusi Ultra HD atau 4K

Anda mungkin sudah menebak, nama 4K datang dari resolusinya yang lebih dari 4000 pixel. 4K adalah 4096 pixel, dan Ultra HD adalah 3840 pixel.
Ultra HD adalah 3840 x 2160, sementara 4K adalah 4096 x 2160. Mereka biasanya disingkat menjadi 2160p berhubung perbedaan jumlah pixelnya tidak begitu besar.
Belum ada persaingan yang ketat antar merk dalam merilis layar 4K. Ini kemungkinan besar disebabkan oleh konsumsi daya yang sangat besar pada layar 4K, ditambah lagi sekarang pilihan smartphone dengan baterai yang kuat semakin sedikit saja. Sebagian besar hp akan habis baterainya sebelum satu hari dalam penggunaan normal.
Hasil gambar untuk perbedaan ultra hd dengan full hd

Nah setelah panjang lebar penjabaran diatas, kami harap tidak ada lagi yang bingung kalau lihat angka 1080p dan sejenisnya. Demikian penjabaran dari kami mengenai beragam resolusi layar yang sering digunakan, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share!

    1 Komentar untuk "Penjelasan Tentang Berbagai Resolusi Layar (HD Sampai Ultra HD) "

    - Mohon Berkomentar Dengan Wajar
    - Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
    - Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


    Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
    Terima Kasih!!

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel